Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Pembuatan Skripsi
Jasa Pembuatan Skripsi

Thursday, August 23, 2012

Download Skripsi Sejarah: Pendekatan Sastra Sejarah Untuk Mengonstruksi Pemahaman Kesejarahan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah

Penelitian dalam skripsi ini berjudul “Pendekatan Pembelajaran Sastra Sejarah untuk Mengonstruksi Pemahaman Kesejarahan Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII IPS 2 SMA Puragabaya Bandung). Penelitian ini berawal dari permasalahan di kelas XII IPS 2, yang siswa-siswanya potensial, namun tidak difasilitasi. Keadaan siswa sebagian besar aktif, namun tidak menampakan keaktifannya karena pendekatan pembelajaran yang belum mampu memfasilitasi mereka. Selain itu, dari keresahan guru yang ingin mengembangkan kualitas membaca, proses berpikir, dan diskusi kelas agar kondisi kelas terlihat lebih hidup dari keaktifan mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahannya yaitu “Bagaimanakah penggunaan Pendekatan Sastra Sejarah dalam pembelajaran sejarah agar dapat mengonstruksi pemahaman kesejarahan siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 2 SMA Puragabaya Bandung?” Dalam perencanaan PTK ini, peneliti menghubungkan RPP dengan materi yang akan disajikan lewat Cerpen. Hal ini dilakukan agar konten Cerpen tidak melebar dari tujuan pembelajaran. Selain itu, perencanaan pembelajaran dalam hal pembuatan Cerpen, peneliti mengombinasikan tiga hal yaitu: fakta-fakta sejarah, pertanyaan kritis, dan penyeritaan kehidupan nyata dalam bentuk fiksi, untuk menciptakan Cerpen yang sesuai dengan teori yang digunakan: konstruktivistik dan belajar bermakna. Dalam pelaksanaan, peneliti mengatur pembelajaran dalam beberapa potongan waktu. Sepuluh menit untuk pembukaan dan apersepsi, dua puluh menit untuk siswa membaca Cerpen, sepuluh menit untuk diskusi kelompok, tiga puluh menit untuk diskusi kelas, dan sepuluh menit terakhir untuk kesimpulan dan penutup pembelajaran. Satu jam pelajaran di SMA Puragabaya adalah empat puluh menit. Hal penting lainnya yaitu tentang pembagian kelompok yang sudah disesuaikan sebelum masuk ke pembelajaran. Berdasarkan tiga siklus yang dilaksanakan, konstruksi pemahaman siswa terlihat dalam siklus kedua dan ketiga. Dalam siklus tersebut, siswa telah mampu memahami fakta-fakta sejarah, menjawab pertanyaan-pertanyaan, menganalogikan persoalan kehidupan dalam Cerpen yang mereka baca dengan kehidupan terdekat mereka, juga memikirkan sekaligus memberikan – terkadang agak debat – solusi yang menurut mereka harus dilakukan. Pencapaian aspek-aspek pemahaman kesejarahan tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan guru. Melalui pendekatan sastra sejarah tipe Cerpen sejarah, guru mengharapkan segi pemahaman siswa terbangun. Jika pemahaman kesejarahan siswa telah terkonstruksi, maka secara otomatis pembelajaran kelas akan kondusif dan lebih hidup. Adapun kendala yang didapatkan peneliti dalam PTK ini di antaranya yaitu kecermatan guru dalam pembuatan Cerpen, pengaturan waktu yang tepat, dan kemampuan guru dalam mengondisikan siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Jika hal itu baik, maka pembelajaran juga akan baik.
Daftar Isis_sej_0705646_table-of_content.pdf
Bab Is_sej_0705646_chapter1.pdf
Bab IIs_sej_0705646_chapter2.pdf
Bab IIIs_sej_0705646_chapter3.pdf
Bab IVs_sej_0705646_chapter4.pdf
Bab Vs_sej_0705646_chapter5.pdf
Daftar Pustakas_sej_0705646_bibliography.pdf


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment